Konsep dasar manajemen usaha manufacture (home industri)


Software,program,aplikasi keuangan pada manajemen usaha manufacture, mempunyai manajemen kendali stok yang harus dimonitoring. Dalam aplikasi yang memproduksi suatu barang yang akan dijual secara retail, maka harus dicatatkan dulu, transaksi pembelian bahan. Bahan untuk diolah untuk menjadi barang yang siap jual, secara garis besar adalah
1. memonitoring stok bahan update (di gudang)
2. menentukan nilai jual, setelah dibebani dengan ongkos tukang/teknisi
3. mencatatkan uang komisi tiap teknisi/tukang utk direkap dalam penggajian dalam suatu periode penggajian.

A.Stok Bahan
Modul Pembelian Stok bahan

Dalam modul ini, mencatatkan transaksi pembelian sekaligus akan mengupdate atau menambah data stok bahan. Seperti halnya dalam pembelian barang retail (siap jual) maka pada modul ini juga akan tercatat hutang – piutang.

B. Data Stok Bahan
Modul ini digunakan untuk mencatat stok bahan yang telah ada saat aplikasi ini digunakan, sehingga akan bertambah volume stok bahan, jika pembelian stok bahan yang sama. Dan sebaliknya akan berkurang volume stok bahannya, apabila dipakai/digunakan dalam “perakitan produksi” pd modul proses produksi.

C. Proses Produksi
Modul ini digunakan untuk mencatat proses produksi dari rangkaian bahan-bahan produksi, ongkos teknisi, dan variabel lainnya sehingga diperoleh suatu stok barang retail (yg siap jual). Stok retail dari proses produksi mempunyai kode barang berupa nomor seri, karena barang itu diproduksi pada suatu waktu tertentu saja. Barang hasil proses produksi secara oromatis akan tersimpan di Stok retail dan siap untuk dijual.

10 Tanggapan

  1. mohon petunjuk dan informasi softwarenya gan

  2. saya ingin program tetnang stok kayu,baik bentuk batang maupun log nya

    • terima kasih Pak Sunari…
      berada di Blitar ya skrg (klo ga salah.he he)

      sistem informasi ttg Kayu..terkait dengan monitoring stok adalah adanya konversi otomatis volume kayu dari kubik ke dalam batang.
      sehingga dapat mempermudah dalam pencatatan dan penentuan harga pokok penjualan. Utk memperoleh hal ini,.kita mesti sudah mencatat data induk jenis kayu..misalnya Papan = 3 cm x 15 cm x 400 cm Balok = 5 cm x 4 cm x 200 cm dan seterusnya…tentu dengan variasi lebarnya ( krn uk panjang biasanya adalah tetap)…intina semuajenis kayu akan mempunyai estimasi volume..sebagai pembagi pembelian total volume, akan diperoleh rata2 harga pokok penjualan kotor.

      dan seterusnya…dalam penjualan tinggal memanggil kode kayunya…shg monitoring stok kayu dan uang kas dapat dengan baek termonitoring.

  3. sayang saya ada di jakarta mas…

  4. mana link buat downloadnya?

    • terima kasih Bung Yanuardi…

      pada home page blog ini, ada tulisan tebal “silakan download DISINI”…silakan anda klik dan secara otomatis akan ada jendela yang akan menyediakan untuk Anda menDownload..
      simple aja, tinggal klik pada, pada tulsan tebal…

      Atau yang Anda maksud utk Home Industri? silakan download pada artikel “penerbit buku”..konsep hampir sama..jika Anda ada di DIY, akan saya tunjukan sample aplikasi yang home industri
      makasi

  5. bisa download di blog ini

    cari artikel “free download…”

    selanjutnya via email aryotejow@gmail.com aja

  6. saya ingin mengetahui apa saja produk software akutansi beserta deskripsi dan harganya

    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: