TM220D, si mini printer yang serial port


Suatu kali owner sebuah toko alat tulis kantor,toko Famili, jl. Kusuma 90 kebumen, menginginkan pencetakan nota yang dibedakan untuk pembeli umum dan pembeli langganan. Pembedaan nota untuk efisiensi terkait dengan kertas yang digunakan, yaitu kertas roll untuk mini printer (pembeli umum) dan kertas double ply continuous forms untuk ukuran lebar A4 tetapi panjang setengah dari A4, serta sudah ada potongan (pembeli pelanggan). Kertas continuous forms mempunyai cetakan rangkap sehingga dapat digunakan untuk transaksi piutang. Yang tembusan untuk pelanggan, yang asli untuk arsip kantor.

Mini printer epson TM220D sudah didapat,.bungkus dibuka, printer dipasang ke komputer, kertas sudah ready ditempatnya. Perlu diketahui, ternyata mini printer ini mempunyai 3 jenis port, yaitu LPT1, USB dan yang terakhir adalah serial (COM). Kemudian CD setup bawaan toko dimasukkan ke DVD ROM, dan mulailah menginstal. Sekian menit berlalu, proses setup finished.

Buka notepad, File menu > print. Sekian lama menunggu, ga ada respon dari si mini printer. Icon kecil printer di kanan bawah terlihat, pertanda proses ngPrint berjalan. Akan tetapi kenapa ga kunjung mencetak data?? Seting printer and fax dibuka, dan terlihat lah bahwa si mini printer ternyata NOT AVALAIBLE. ”…ah salah driver yah, coba yang ini”. Unistal dulu yang tipe sebelumnya, kemudian mengulangi proses instalasi dari awal. Kemudian buka notepad lagi, ketik ketik ketik dan print…..nunggu dengan kalem. Sekian menit ga ada respon,..kejadian sama dengan tadi…Wah ga cocok yah…coba yang lainnya……

Dan seterusnya, sampai hampir semua jenis driver di CD bawaan di coba dan NIHIL…si mini printer ga juga mau ngPrint. Kepanikan, rasa jengkel sudah terjadi setelah trial yang ke 3 nya.

Dan seterusnya, akhirnya give up ,nyerah…kibarkan bendera putih…Tanya teman2..via telp, googling, DL driver baru..dan semua saran/usaha telah dicoba…sampai akhirnya ”terpaksa” nelpon toko yang menjual.

Seakan sering terjadi hal ini,..dengan tenang mereka hanya minta email kemudian diminta untuk menDL kiriman email nya. Dan memang driver itu belum tentu orang mempunyai dan pernah ”mengenal” dengan baek.he he he

(tunggu LINK download setup nya yah..lom sempat upload deh…)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: