Membangun Sistem Informasi yang Kompleks


Usaha bisnis yang telah berkembang, pastilah akan memerlukan modifikasi sistem informasi ke arah yang lebih komplek. Seperti yang telah saya alami…bemula dari usaha bengkel mobil,.kemudian berkembang menjadi usaha repair body dan juga usaha kuliner di dalamnya. Owner usaha tentu menginginkan semua unit usaha termonitor dan semua mempunyai laporan yang terperinci. Belum lagi, jika diinginkan adanya suatu perhitungan terkait gaji dengan komisi ditiap-tiap transaksi per karyawannya. Dan terhubung pada sistem penggajiannya.

Tentulah,.cukup membuat ”neg”, mules dan kepala pusing membayangkan desain sistem informasinya..he hehe. Akan tetapi, bagi Anda yang memang sudah dari awal mengendalikan dan mengerti betul desain alir data dan logika, maka serumit apapun, saya yakin Anda, akan mampu membangunnya.

Ada teknik dalam membangun sistem informasi yang komplek. Salah satunya dengan membedakan tiap-tiap no transaksi pada masing-masing modul dengan inisasi karakter tertentu yang konstan.

Misal no nota retail dengan awalan R0811/001
Kuliner K0811/001

Seperti yang Anda ketahui,.bahwa desain suatu transaksi usaha apapun, secara konsep hanya terdiri transaksi JUAL DAN BELI. Dan desain tabel pada transaksi setidaknya sbb:

No_nota; tanggal, JatuhTempo, Id_customer, total_jual; Diskon; Bayar; Sisa; user.

dan semua transaksi penjualan, baek dari kuliner, retail, dan lainnya, semua bermuara di tabel ini.
Dengan berbagai modifikasi, nantinya No_nota inilah yang akan selalu dijadikan ID validasi. Dan seterusnya untuk tabel detail_jual hampir sama.

Kantin

Repair Body

Retail Bengkel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: