Aplikasi Penjualan Cat Campuran Bahan Warna


Aplikasi Point Of Sales atau Kasir,.mempunyai desain yang berbeda-beda menyesuaikan proses bisnis dan alur data yang terjadi. Semisal contoh,. ”aplikasi penjualan cat campuran bahan warna”,Pada usaha penjualan cat yang mengalami proses pencampuran (mixing) dari beberapa warna dasar cat sehingga menghasilkan warna cat yang populer sebagai merk dagangnya. Warna dagang itu, misal merah ferari, biru ocean dan lain lain.

Dalam tahap desain tabel database, bisa berarti ada suatu produk jadi yang terdiri dari produk lain (bahan). Sehingga desain tabel stok ada suatu detail bahan yang bersifat (one to many) dan saat dijual hanya produk jadi lah yang tampil dalam nota. Dan secara otomatis akan mengurangi bahan-bahan yang terkandung di dalam produk jadinya. Desain ini lumayan rumit bagi para usahawan yang belum mempunyai staf administrasi yang pengalaman.

Untuk menjawab kebutuhan dan kendala di lapangan, maka diubah desain tabel, yang tidak membuat suatu hubungan ”produk jadi” dengan item bahan yang terkandungnya. Sehingga konsep stok dan stok_bahan ditiadakan.

Sebagai gantinya adalah membuat suatu keterangan nama produk jadi pada tabel Penjualan, sehingga nama produk jadi melekat pada no nota dan setiap nota hanya terdapat satu nama produk jadi. Berikut desain nota nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: