Kolom unik (ID) lebih dari satu, mungkinkah ?


Sistem informasi dalam proses pengembangan, pasti memerlukan modul atau form data induk. Data induk mutlak, karena inilah objek utama dalam sistem informasi itu sendiri. Objek database yang mesti dikelola, mulai dari menyimpan, menampilkan kembali kemudian mengubah, bahkan menghapusnya. Dalam ranah database manajemen sistem, objek ini adalah tabel. Sifat dari tabel ini berdiri sendiri tidak ada kolom yang tergantung dari tabel lainnya. Secara konsep, setiap tabel mempunyai satu kolom unik sebagai ID atau kolom pengenal/identitas.

Mungkinkah ada sebuah tabel yang mempunyai kolom unik (ID) lebih dari satu?

ID dari sebuah tabel akan menjadi kolom yang mewakili keseluruhan rekaman data di tabel itu. Misal NIP nomor induk pegawai utk karyawan, NIM utk mahasiswa, KTP utk pemduduk SIM utk pngendara motor dll. Secara jelas, bahwa seorang manusia akan mempunyai ID yang macam-macam dan berlaku unik untuk lingkungan (sistem) informsi tertentu. Artinya si Badu dengan usia 20 tahun, dia mempunyai KTP danjuga NIM karena kebetulan sudah dewasa dan masih kuliah. Akan tetapi KTP dan NIM itu hanya satu dia punyai di setiap wilayah (sistem) informasi, yaitu kependudukan dan akademik.
Akan tetapi maksud dari pertanyaan ini bukan lah itu. Yang dimaksudkan adalah mungkinkah si Badu punya KTP ganda (jk sistem terintegrasi nasional dg database terpusat), maka jawabnya tidak, bgitu juga dengan NIM Badu di univ X, hanya tunggal, lain soal jika dia kuliah di univ Y misalnya.

Akan tetapi ada kalanya, mendesain tabel yang kaitan dengan stok, dengan 2 buah kolom ID yang masing-masing setara sebagai kolom pengenal. Hal ini digunakan sebagai cara untuk memisahkan kolom kode barang berdasar aturan tertentu dengan kode barcodenya. Tujuan pemisahan ini untuk meminimalisasi panjang karakter di kode barcode agar bisa dicetak dengan utuh. Lah gmn tuh..biar aplikasi ga kacau? Saat memanggil kodenya…

Ini pseudo code nya:

If cari dengan kode_brg=ktmu then
Tampilkan
Else
If cari dengan kode_barcode=ktmu then
Tampilkan
End if
End if

Algoritma di atas bisa ditaruh di txtKode_brg_keycode atau txtKode_brg_keypress sehingga saat memanggi barang dengan scan barcode atau mengetik di koak input bisa muncul info barang tadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: