Membiasakan diri untuk menulis


Menulis,.adakalanya sangat sulit untuk sebagian orang dan sebaliknya sangat mudah untuk sebagian lain. Meskipun kedua orang tadi, sama-sama mempunyai kemampuan yang sama dalam akademik/intelegensi, akan tetapi yang membedakan adalah : ”seberapa sering membiasakan diri” untuk menulis.

Menulis, dimulai dari sekedar mencurahkan isi pikiran, tanpa pedulikan kualitas serta runtutan kata-kata yang enak dibaca. Jangan pedulikan…terus lah nulis dan nulis. Suatu saat dalam sebuah workshop, seorang pembicara yang wartawan senior, mempunyai beberapa tips,.pertama kemampuan menulis mesti selalu diisi dengan bahan bakar, berupa aktivitas ”membaca”, dengan membaca akan memperoleh pengetahuan baru dan mengembangkan imajinasi, serta ide-ide yang timbul setelahnya.

Bacalah buku yang Anda sukai, secara bawah sadar akan membentuk dan memperkaya kosa kata istilah dan tulisan, serta akan mempengaruhi gaya tulisan Anda nanti. Penulis pemula dan semua yang pemula, selalu mempunyai acuan gaya dalam aktivitasnya,.misal dalam sebuah grup Band, sering sekali Band pemula akan beraliran grup Band yang sudah mapan,.hal ini tidak mengapa, karena pelan-pelan akan mempunyai ciri khas tersendiri ke depan.

Tips kedua, adalah segeralah tulis setiap ada timbul ide..jika tidak berada dimeja atau tempat biasa menulis, maka disarankan membuat draft atau catatan kecil. Agar jika ide-ide tadi tidak kelupaan atau bahkan hilang. Menulis , terkadang sangat sulit saat dipermulaan, dan itu menjadi hukum alam dimanapun,.bahwa ”energi terbesar untuk menggerakkan sebua benda, adalah saat pertamanya” jika benda sudah bergerak, energi semakin sedikit yang dibutuhkan. Salah satu tipsnya adalah, tips ketiga, yaitu setiap menulis jangan sedikit-sedikit berhenti untuk dibaca di awal alinea,…teruslah nulis,.sampe Anda rasa cukup, baru lah dibaca dari atas, edit yang perlu. Dan tips terakhir adalah segera upload di blog Anda atau note FB …lah ngapain juga ide brilian Anda tidak dishare ke dunia?? Setidaknya dapat sebagai media curcol Anda😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: