Fitur Sinkronisasi Database antar Cabang antar Kantor antar Kota


Usaha bisnis dinilai bisa beradaptasi dengan perkembangan, apabila mampu bertahan dan dapat ”Break Event Point” (kata orang, balik modal) setelah paling cepat 3 tahun. Dalam masa rintisan 3 tahun pertama, segala pengketatan (=efisiensi) pengeluaran uang diprioritaskan. Pengeluaran uang adalah dalam upaya peningkatan produksi atau sesuatu pembiayaan operasional yang semestinya.
Pemilik usaha, mesti dapat bertahan dengan kondisi yang serba mepet, oleh karena itu, sumber pemasukan jika ada dapat diupayakan dari bidang lain, akan tetapi jika ”full / totalitas” dalam usaha, maka pengketatan dalam bidang SDM ( misal: dibatasi rekrut pegawai, malah jika perlu kerjakan semua sendiri😀 ), dalam bidang stok: belilah barang dagang yang sangat dibutuhkan dan cepat laku, sehingga putaran modal cepat balik dst.
” Dan seterusnya, apabila usaha semakin melebar dan maju, sehingga toko atau tempat usaha mesti mempunyai kantor atau cabang di kota lain. ”

Aplikasi monitoring stok dan keuangan, mencatat semua transaksi. Dengan aplikasi dekstop, mempunyai keunggulan dalam proses data, dan keamanan yang terjamin, dibanding dengan aplikasi dengan ”center data” yang berbasis web. Untuk sinkronisasi data dan penggabungan database transaksi dari toko cabang yang berada di luar kota, maka mesti mempunyai fitur yang dapat mengLoad kan database kiriman yang berbentuk file TXT.

Dalam teknis develop, dikenalkan istilah Data Transformation Service pada Database Manajemen SQL Server 2000, suatu fitur yang dapat meng export (kirim) dan import (load) database transaksi sehingga terjadi sinkronisasi data dari cabang ke pusat. Fitur ini sangat penting digunakan sehingga seakan akan sistem mempunyai database yang dapat menyimpan transaksi semua kantor.

Pengiriman database transaksi cabang, dilakukan setelah selesai transaksi di hari itu, sehingga kantor pusat mempunyai keterlambatan 1 hari database update transaksi cabang. Untuk mempermudah operasional cabang dan pusat, maka solusi paling murah adalah menggunakan email via internet dalam mengirim dan menerima update transaksi databsae cabang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: