Uniknya Stok dalam Sistem Informasi Klinik (salon kecantikan)


Sistem Informasi Klinik dan juga salon kecantikan, mempunyai desain stok yang unik. Keunikan dicirikan adanya suatu layanan jasa yang dianggap sebagai produk. Dan uniknya lagi, layanan jasa tadi disamping mempunyai tarif dari ”servis” kapster/perawat/asisten atau pun dokter, juga mempunyai tambahan biaya ”bahan perawatan” yang nantinya menjadikan akumulatif harga jual dari produk layanan.

Suatu sistem informasi klinik yang baik, mempunyai desain aplikasi yang dapat memonitoring penggunaan bahan perawatan sekaligus. Ketika melayani pasien/pelanggan untuk diberi tindakan, maka dicatatkan ”produk jasa” apa yang dilakukan sebagai layanan jasanya. Oleh karena tiap-tiap produk jasa telah dicatatkan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, maka saat dicatat dipenjualan akan secara otomatis mengurangi bahan-bahan tadi.

Sehingga, terdapat suatu modul data induk Bahan untuk mencatatkan informasinya. Pada desain aplikasi ini, ada 2 tahap validasi stok :
1. Untuk mengurangi stok produk ( yang dipanggil saat penjualan )
2. Untuk mengurangoi stok bahan (tdk ditampilkan saat penjualan)

Dan ada juga suatu stok produk yang merupakan suatu barang seperti halnya stok retail pada umumnya,dan untuk ini cukuplah mengurangi stok produk , sehingga kosongkan isian tabel bahan di bawah stok produk (lihat gambar atas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: