Penjualan Tunai – Sistem Informasi Emas dan Berlian (2)


Transaksi penjualan dalam sistem Informasi Emas dan Berlian, dibedakan dalam beberapa istilah, yaitu pesanan, tukar tambah, tunai/langsung dan piutang. Seperti telah diposting di bagian 1, bahwa kode barang di emas dan berlian, dapat mempunyai kode barang yang sama lebih dari 2 barang. Kode unik, untuk membedakan stok/barang emas dan berlian dari yang lainnya adalah no stok nya.

No stok dalam sistem informasi ini merupakan nomor penanda untuk ”entri” atau pencatatan. Secara ringkas, dapat dijelaskan bahwa sebuah perhiasan emas/berlian yang pernah dijual ke customer, oleh customer dijual (kembali) ke toko (transaksi pembelian kembali/balen). Perhiasan mengenal trend yang sangat tergantung situasional sehingga suatu bentuk/corak mesti selalu mengikuti trend, sehingga stok yang kembali tadi, kemudian diolah kembali agar menjadi stok baru yang lebih baek/nge Trend. Stok baru ini, masih memakai kode barang yang sama, akan tetapi dengan no stok yang baru.

Dalam transaksi penjualan, harga jual berdasar ketentuan dollar atau nilai emas dunia (ciok). Oleh karena itu, secara tertera di dalam stok, harga jual dalam dollar atau berat emas itu sendiri. Apabila ingin melakukan transaksi dengan mata uang rupiah, mesti dikonversi ke rupiah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: