Modul Penting dalam Koperasi Simpan Pinjam (KSP)


Koperasi Simpan Pinjam, dalam perkembangan dapat menjadi sarana bantu untuk menopang perekonomian rakyat. Dengan prosedur yang tidak berbelit, seorang dapat mengajukan pinjaman sejumlah uang untuk keperluan, terutama untuk pemodalan. Dengan besar modal yang disetujui, biasanya kurang dari 10 juta, tergantung kekuatan financial koperasi yang bersangkutan.

Dalam desain KSP, setidaknya ada beberapa modul yang mesti ada, antara lain, modul data induk nasabah. Nasabah dibedakan untuk nasabah tabungan dan nasabah pinjaman. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan validasi data.

Secara garis besar, modul dalam sebuah KSP, antara lain : data induk Nasabah, modul pengajuan pinjaman, modul tabungan. Setiap modul transaksi yaitu, pinjaman dan tabungan, mempunyai data induk nasabah yang berbeda sumbernya.

Transaksi peminjaman, diawali dengan mendata data nasabah peminjam, kemudian dicatatkn dalam modul Pengajuan peminjaman, untuk mengetahui berapa nilai pinjaman, berapa bulan angsuran dan niilai angsuran serta prosen bunga pinjaman. Data pengajuan pinjaman dapat dijadikan informasi saat transaksi pengangsuran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: