Kode Barang, barcode dan karakter angka dalam sistem informasi


Kode dalam suatu sistem informasi database manajemen, merupakan ID/penanda, bersifat unik, sehingga mewakili keseluruhan atribut data itu. Hal ini berarti, kode dapat dipanggil lagi dan otomatis keterangan lain akan tampil. Adalah suatu kode batang atau barcode yang mewakili suatu karakter latin yang secata otomatis akan diubah ke dalam simbol batang.

Dalam praktek lapangan, panjang kode batang sangat dipengaruhi oleh karakter yang digunakan. Karakter huruf, tidak disarankan untuk digunakan dalam kode batang ini (barcode) karena akan memboroskan tempat alias panjang. Cobalah Anda amati, dalam setiap barcode label suatu produk apapun di pasaran, hampir selalu dipastikan, bahwa kode latin selalu berupa angka buka karakter huruf dan lainnya

Pada gambar di atas, meskipun kedua kode mempunyai 8 karakter, akan tetapi panjang barcode dengan karakter huruf, lebih panjang dibanding angka. Pilihan barcode font yang digunakan adalah memakai ” Code128bWin.ttf” font ini termasuk irit dalam lebar ruang cetaknya.

Kesimpulannya, gunakan kode barang yang sekaligus barcode dengan memakai karakter angka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: