Fitur Tranfer Database Antar Cabang 3, Tranfer transaksi database


Meneruskan tulisan VPN di https://rumahkode.wordpress.com/2013/02/25/fitur-tranfer-database-antar-cabang-2-vpn/ , sekarang yang akan diulas adalah tentang fitur aplikasi tranfer transaksi. Secara singkat, dapat dijelaskan bahwa transaksi yang berjalan di beberapa cabang yang tersebar, mempunyai database sendiri dan terpisah satu sama lain. Aplikasi berjalan secara offline, sehingga tidak tergantung pada kecepatan internet, sangat cocok untuk transaksi yang membutuhkan kecepatan tinggi dalam pelayanan. Ambil contoh, transaksi retail di Mart.

Secara operasional, aplikasi tidak memerlukan koneksi internet selama transaksi.

Kelebihan:

  1. transaksi berjalan  cepat
  2. biaya murah
  3. tidak terganggu/tergantung oleh koneksi internet

kelemahan:

  1. tidak real time
  2. biaya tinggi

aplikasi ini, mempunyai fitur untuk mencatat semua transaksi dalam periode tertentu. Catatan transaksi akan disimpan dalam bentuk file tertentu, misal .TXT (notepad). File notepad cabang, lebih baikdi ciptakan dalam akhir waktu di tiap harinya. Hasil dari transaksi di cabang itu (dlm notepad) harus diemailkan di lampiran ke kantor pusat. Admin kantor pusat, menLoad isi dalam notepad tadi, untuk dimasukkan ke database pusat. Sehingga diperoleh data transaksi di kantor cabang.

Fitur ini yang digunakan oleh banyak Mart – mart yang tersebar di indonesia.

2 Tanggapan

  1. Dari pengalaman mensupport aplikasi dengan metode seperti itu, sungguh sangat merepotkan sekali, terutama jika jumlah cabangnya banyak, namun hal itu paling cocok untuk cabang yang tidak slalu terhubung dgn internet, seperti di pelosok2. Sedangkan bila menggunakan metode real time, dengan database terpusat, saat ini di Indonesia terkendala dgn koneksi yg lambat, adakah solusi yg terbaik?

    • sistem dengan fitur tranfer database ini, simple dalam penggunaanya. Rumit bagi para developer di awal pengembangan dan terkait validasi data, terutama stok.

      kunci ada pada desain struktur database yang kita bangun shg saat, tranfer ke cabang (dan sebalinya dari cabnag ke pusat), tidak mengalami “benturan data transaksi”.

      bagi user, sangat mudah dalam mengoperasikannya, shg ini jadi pilihan banyak usaha yg membutuhkan kecepatan transaksi dan bersifat multi cabang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: