Monitoring Kas dalam Aplikasi Manajemen Kontraktor/Developer (modul Akun-Sub Akun)


Bisnis apapun itu, sangat diperlukan terkait monitoring kas. Monitoring kas, sebagai dasar untuk mengetahui alokasi dana dan dari sumber apa, kapan dan keterangan untuk apa uang kas itu dikeluarkan. Aliran kas adalah sangat penting dalam usaha. Bisnis yang tidak dimonitoring uangnya, akan menjadi masalah dikemudian hari. Mulai dari berkurangnya penghasilan sampai dengan hilangnya aset dan yang paling parah adalah kebangkrutan.

Suatu bisnis property/perumahan dikerjakan oleh developer. Apabila masih sedikit projek yang dikerjakan dalam satu waktu yang bersamaan, mungkin masih mudah dalam mencatat dan membuat laporan keuangannya. Akan tetapi apabila telah banyak projek yang mesti dikerjakan di periode waktu yang sama dan bahkan memerlukan waktu berbulan bulan hingga tahunan, maka aplikasi monitoring kas sangat anda perlukan.

Berikut fitur dan modul penting :
– modul Akun dan Sub Akun
modul ini digunakan untuk mempermudah pengelompokan transaksi catatan kas. Dengan mencatat modul Akun ini, maka akan diperoleh laporan dengan Grup akun dan grup sub akun yang gradual, sehingga laporan enak dibaca dan informatif.
Akun menjadi header (kepala grup) dalam laporan kas

Gambar Akun – Sub Akun
Gambar di atas adalah modul akun yang berada di kiri dan sub akun di kanan. Setiap item akun yang dipilih (blok) akan menampilkan data sub akun di samping kanan. Artinya bahwa akun itu telah mempunyai data sub akun. Dan selanjutnya data sub akun inilah yang akan tercatat dan terlaporkan, sehingga meskipun data AKUN telah banyak tercatat, akan tetapi SUB AKUN belum tercatat, maka transaksi catatan kas BELUM dapat digunakan.


Gambar Akun
Data akun adalah header, atau kepala grup dalam laporan. Dengan adanya akun ini akan diperoleh laporan terperinci dan terkelompok dengan baik.


Gambar Sub Akun

Sub akun, merupakan perincian detail dari akun. Dalam format laporan, sub akun berada di bawah akun, setiap akun HARUS akan mempunyai minimal 1 sub akun. Data sub akun inilah yang akan tercatat di transaksi catatan kas.

2 Tanggapan

  1. bole saya minta link untuk download soft mengenai program kontraktor, ………. minta bantu untuk bisa dikirimkan ke email llbuzerll@live.com

    thanks

  2. minta link nya dong mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: