Desain Nota dalam Toko Buku Online


Batasan wilayah ruang dan waktu semakin samar, ketika era digitalisasi dengan media komputasi yang saling terhubung dengan internet. Saat semua pengguna terhubung intenet, waktu dan ruang terasa hilang. Internet memangkas jarak dan membuka sekat ruang, meski jarak pengguna saling berjauhan ribuan kilo meter dari kita saat ini. Dalam perkembangan sekarang, toko online merupakan terobosan yang efektif sebagai sarana untuk mengatasi keterbatasan dana. Dengan online toko akan buka selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu, 52 minggu dalam setahun.

Selain itu toko online tidak memerlukan penjaga toko yang mesti menjaga, cukuplah seorang yang nantinya rajin-rajin membuka email atau situs online untuk merespon pembeli dan calon membeli. Bahkan dengan alat bantu komunikasi, transaksi dapat dilakukan dengan cepat dalam mengambil keputusan.

Transaksi dalam toko online di indonesia, tidak sama dengan di luar negeri, misal usa. Toko online di sini, ibarat sebagai etalase produk-produk, karena secara nyata transaksi melalui offline yaitu dengan ketemuan dulu pihak penjual-pembeli setelah deal baru ada pembayaran tranfer atau tunai. Di tahap selanjutnya pembeli tidak perlu mengunjungi penjual, cukup via email atau telepon untuk transaksi dan tranfer bank untuk pembayarannya.

Oleh karena itu, dalam membuat nota transaksi memerlukan desain yang berbeda.

Terlihat tidak ada informasi nilai uang bayar dan sisa/kurang, karena ibarat hanya merekap ulang. Dan sebagai item tambahan adalah ongkir alias ongkos kirim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: