Catatan Teknisi dalam aplikasi Bengkel


Aplikasi Bengkel, hampir sama dengan retail umum lainnya. Di dalam bengkel, disamping ada transaksi pembelian dan penjualan berupa barang, ada juga suatu layanan berupa reparasi onderdil kendaraan. Sebagai tips dalam sistem manajemen data, setiap jasa harus dibuatkan kode yang dimasukkan ke database. Agak berbeda dengan barang riil lainnya, jasa ini tidak ada harga beli secara nyata ( krn tdk melakukan pembelian ke supplier), harga beli diisikan dengan upah/honor untuk teknisi, sedangkan harga jual sebagai nilai yang dikenakan pada pelanggan. Disamping untuk menstandarkan nilai jual layanan jasa pada pelanggan, pengkodean jasa bisa utk mempermudah pelayanan kasir.

Dalam keseharian, jasa yang telah dikodekan tidak cukup memberi keterangan pada pelanggan.
Misal: ” JASA PASANG BEARING RODA DPN KANAN KIRI ”
Untuk memberi keterangan detail pada pelanggan, ada fitur di Kasir, agar nilai yang dikenakan ke pelanggan dapat dimengerti. Keterangan tambahan ini, biasa disebut ”catatan teknisi”

Berikut gambarnya

5 Tanggapan

  1. saya masih bingung bagaimana kalo ada pembayaran kredit alias utang… gak ada di cara pembayaran… dan bagaimana bisa masuk data base hutang. mohon pencerahannya. terima kasih

    • Timbulnya Hutang,saat ada pembelian ato kulakan dari supplier..yaitu saat nilai bayar lebih kecil dari total pembelian. Dan jk akan membayar pelunasan di modul Hutang.

      Timbulnya Piutang jk ada penjualan kpd pembeli yg nilai bayarnya lbh kecil dari nilai penjualan.

      Tipe bayar meliputi :Cash/Tunai,tranfer dll. Digunakan utk membedakan pemasukan yg tunai ato non tunai

  2. Gan pada aplikasi bengkel tolong minta password databasenya dong…mksh gan…

  3. Pada proses instalasi, saya menemukan pesan, “Unable to register the DLL/ocx:RegSvr32 failed with exit code ox3. Mohon bantuan.

    • error saat instalasi “Unable to register the DLL/ocx:RegSvr32 failed with exit code ox3” terjadi dikarenakan,.user menggunakan software antivirus yg memblokir salah satu komponen aplikasi yg berbentuk OCX yg mesti diinstal. Padahal OCX tdk berbahaya

      mohon informasi, nama file setup,.agar sy perbaharui ke depan.
      solusi: seting di antivirus utk “exception” atau mengecualian file ocx..atau sementara dinonaktifkan antivrusnya atau instalkan di PC yg tnpa antivirus yg “ketat”

      terima kasih review anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: