Aplikasi penghitungan komisi Multi Level Marketing ( MLM ), jilid 1


Suatu metode pemasaran dengan mengenal tingkatan, sudah saya dengar pertama kali puluhan tahun yang lalu, sekitar tahun 1994. Waktu itu saya tidak tahu apa-apa, hanya mendengarkan seorang kakak angkatan (di SMA) menjelaskan suatu produk. Produk yang dia jelaskan waktu itu, shampo mobil, kalo ga salah ingat.

Waktu berjalan, peristiwa itu tidak ada kesan sama sekali  , hingga suatu waktu di tahun 2000 an, orang mulai lagi mencertikan suatu produk, yang cara menawarkan dengan “presentasi”, suatu istilah yg lebih keren, karena saya telah “makan bangku kuliah” waktu itu he he he. Dan orang pun ramai lagi menceritakan tentang MLM, pada saat itulah, ingatan di tahun 1991 saya anggap juga suatu cata MLM, karena saya ingat betul perusahaannya.

+ + +

Dan sekarang, saya bertemu lagi dengan MLM, tetapi disini akan mensharing dalam aplikasi penghitungan komisi Multi Level Marketing.
Secara singkat, MLM mempunyai aturan sbb:
1. aturan besar komisi dan target serta waktu
a. seorang marketing dalam memperoleh/menjual produk, mesti jelas dalam periode yang mana, dan tidak mengenal susulan apabila periode telah lewat.
b. Setiap periode mengenal level target point, apabila tidak tercapai level target di atasnya, maka dihitung point di grup bawah
Misal:
1. 1 -> 420.000
2. 3 -> 1.400.000
3 6 -> 3.000.000

Jk seorang marketing dlm periode tertentu hny dapat 2 point, maka ia memperoleh 420.000. Sehingga tidak mengenal susulan (krn periode telah lewat), untuk “menutup point” menjadi 3, agar memperoleh 1.400.000.
Begitu juga jika hanya memperoleh 4 atau 5, maka ia dihitung mendapat 1.400.000
bersambung

Berikut gambarnya skema komisi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: