Software Rumah Makan, Desain Stok yang Unik


Dalam bisnis kuliner, terutama yang bertipe “fast food” atau cepat saji, manajemen akan menghitung jumlah lauk pauk yang disajikan. Begitu pula bisnis kuliner di rumah makan atau pun di lesehan. Dengan dasar jumlah lauk pauk itu, akan diperoleh itungan kasar omset yang diperoleh.
Akan tetapi dalam mendesain suatu sistem informasinya, tidak bisa menggunakan sistem retail umum,secara penuh. Ada perbedaan yang mendasar pada manajemen resto/rumah makan ini, terkait validasi stok. ( stok disini adalah jumlah lauk pauk tadi ).
Misal dalam retail umum, “suatu barang dengan jenis yang beda akan dibuatkan kode barang yang beda pula. Saat terjual, otomatis akan mengurangi stok barang tersebut”.

Dalam rumah makan fast food,misal rumah makan padang, ada kalanya seorang akan membeli sayur rendang saja dan nasi plus sayur rendang. Ada 2 data stok yang berbeda, sehingga mesti kita buat kode barang yang berbeda pula. Uniknya, adalah ke 2 data tadi, harus mengurangi 1 jenis stok yang sama yaitu RENDANG. Karena, manajemen hanya menghitung jumlah lauk pauknya saja, yaitu daging dalam rendang tadi.

Gambar latar

Gambar menu laporan

Gambar cetak nota

Pengen unduh softwarenya? Silakan email bagi yang serius 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: